SATUAN ACARA
PEMBELAJARAN
Mata Kuliah :
Anatomi
Pokok Bahasan :
Anatomi Sistem pernafasan.
Sub
Pokok Bahasan : Tractus respiratorius
& otot pernafasan
Sasaran :
Waktu :
100 menit
Semester :
I
Pertemuan ke :
IV
Minggu Ke :
IV
Dosen :
Dosen Tamu :--------------------
==================================================
1.
Tujuan Pembelajaran Umum:
Pada akhir
pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan system pernafasan.
2. Tujuan
Pembelajaran Khusus
Mahasiswa dapat menunjukkan :
1.
Anatomi tractus respiratorius.
2.
Otot pernafasan.
3.
Organ pengendali pernafasan.
3. Metode
Pembelajaran
Metoda yang
digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
khusus ialah dengan menggunakan
metoda :, Demonstrasi, ceramah, tanya jawab, diskusi.
4. Media
dan Alat
Manikin
tractus respiratorius, OHP, White board, spidol, transparant,
LCD dan
Komputer.
5. Struktur
Bahan
- Tractus respiratorius.
- Muskulus inspirasi - ekspirasi :
1. Muskulus inspirasi-ekspirasi utama.
2. Muskulus inspirasi-ekspirasi tambahan.
c. Organ pengendali pernafasan:
1. Organ Medulla oblongata.
2. Organ Pons varolli.
6. Materi ( terlampir )
7. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
|
KEGIATAN DOSEN
|
KEGIATAN
MAHASISWA
|
Pendahuluan
5 menit
|
Salam pembuka.
Memperlihatkan
manikin tractus respiratorius.
|
Menjawab salam
Mahasiswa
memperhatikan penjelasan dari dosen dan diusahakan untuk menebak bagian
tractus respiratorius.
|
Penyajian/ isi
85 menit
|
Memberikan
penjelasan tentang :
a. Anatomi tractus
respirasi.
b. Otot pernafasan :
utama dan tambahan.
c. Organ pengendali pernafsn
1. VRG.
2. DRG.
3. Pneumotaksik.
4. Apneustik
Pemutaran CD
Room tentang anatomi tractus respiratorius.
Pemberian Quiz
dari CD.
t
|
a. Mahasiswa
memperhatikan penjelasan dari dosen
b. Mahasiswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas disela-sela penyajian materi dan kemudian
memperhatikan jawaban dosen
Mahasiswa
memperhatikan.
Mahasiswa
menjawab.
|
Penutup
10 menit
|
Menyampaikan
kesimpulan pada pertemuan I tentang :
1. Urutan
tractus respiratorius.
2. Istilah lazim dalam bidang
anatomi.
3. Anatomi permukaan.
4. 4. Struktur sel dan jaringan
tubuh manusia.
Persiapan pertemuan ke 3: Anatomi
sistem integumen
|
a. Menjawab
pertanyaan yang diberikan dosen
b.
Memperhatikan penjelasan yang diberikan dosen
c. mahasiswa
mengerti dan paham tentang tugas yang diberikan dosen
|
8. Sumber :
Buku Utama :
·
Coad, Jane. (2001). Anatomy
and Physiology for Midwives. Mosby. London .
·
Anderson,P.D. (1999). Anatomi
Fisiologi Tubuh Manusia. Jones and Barret Publisher Boston . Edisi Bahasa Indonesia . EGC.
Jakarta .
·
Verralys.,
Sylvia. (1997). Anatomi dan fisiologi Terapan dalam Kebidanan. EGC. Jakarta .
Buku Anjuran :
·
Pearce.EC. (1999). Anatomi
dan fifiologi untuk Paramedis. Gramedia. Jakarta .
·
Landau.BR. (1980). Essential
Human Anatomy and Physiology. 2nd Edition. Scott Foresman and
Company Glenview .
·
Martini,FH et al. (2001). Fundamentals
of Anatomy and Physiology. 5th Edition. Prentice Hall. New Jersey .
·
Wijaya. (1996). Anatomi dan
Alat-alat Rongga Panggul. FKUI. Jakarta .
·
Modul
SWA- Instruksional. (1999). Anatomi fisiologi 1-5. Alih bahasa : Yasmin
Asih. Cetakan 1. EGC. Jakarta .
9. Evaluasi
Diberikan pada awal- akhir
perkuliahan
Prosedur : Pre test dan post test.
Bentuk : Lesan + demonstrasi.
Petunjuk : Mahasiswa disuruh menyebutkan bagian-bagian tractus
respiratorius dengan cara dosen menunjuk bagian yang
ditanyakan.
0 Response to "SAP anatomi nifas"
Post a Comment