1. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Setelah mengikuti
pendidikan kesehatan, pasien mampu memahami penyakit GAGAL GINJAL KRONIS
2. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah mengikuti
program bermain selama 1 x 30 menit pasien mampu :
1)
Menyebutkan pengertian gagal ginjal kronis dengan benar
2)
Menyebutkan 4
dari 9 penyebab gagal ginjal kronis dengan benar
3)
Menyebutkan 5 tanda gejala gagal ginjal kronis dengan
benar
4)
Menyebutkan penanganan penatalaksanaan gagal ginjal
kronis dengan benar
5)
Menyebutkan makanan yang harus dihindari secara benar
6)
Menyebutkan perawatan dirumah dengan benar
3. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
TAHAP
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
MEDIA
|
|
Perawat
|
Peserta
|
|||
Pembukaan
|
5 menit
|
·
Memberikan salam
·
Perkenalan
|
·
Menjawab salam
|
|
Pelaksanaan
|
20 menit
|
·
Perawat menjelaskan pengertian, penyebab, tanda gejala
gagal ginjal kronis
·
Perawat menjelaskan penatalaksanaan, makanan yang harus
dihindari, diiit gagal ginjal dan perawatan dirumah
·
Perawat memberi kesempatan pasien dan keluarga untuk
bertanya
·
Perawat memberikan reward atas jawaban dari pasien dan
keluarga
|
·
Pasien dan
keluarga mendengarkan
·
Memperhatikan
·
Pasien bertanya 2 kali
·
Pasien dan keluarga merasa senang
|
![]() |
Penutup
|
5 menit
|
·
Memberikan evaluasi
·
Memberikan salam penutup
|
·
Pasien dan keluarga kooperatif
·
Menjawab salam
|
|
4. METODE
a)
Ceramah
b)
Tanya Jawab
5. EVALUASI
Jenis
evaluasi : Pertanyaan lisan
Waktu : Selama pemberian pendidikan
kesehatan
Pertanyaan:
1.
Sebutkan pengertian gagal ginjal kronis dengan benar!
2.
Sebutkan 4 dari 9
penyebab gagal ginjal kronis dengan benar!
3.
Sebutkan 5 tanda gejala gagal ginjal kronis dengan benar!
4.
Sebutkan penanganan penatalaksanaan gagal ginjal kronis
dengan benar!
5.
Sebutkan makanan yang harus dihindari secara benar!
6.
Sebutkan perawatan dirumah pasien gegal ginjal kronis dengan benar!
0 Response to "SAP gagal ginjal kronis"
Post a Comment