SATUAN ACARA PENGAJARAN BERMAIN
Pokok
Bahasan : Stimulasi tumbuh kembang
anak.
Sub
Pokok Bahasan : Bermain dan alat permainan
Sasaran : Anak usia 3-5 tahun.
Tempat :
Waktu :
30 menit

A. Tujuan
1. Tujuan Instruksional Umum
Setelah
mengikuti permainan ini, anak bisa terlatih kognitif dan motorik halusnya.
2. Tujuan Instruksional
Khusus
Setelah
mengikuti permainan ini, anak diharapkan:
a. Mampu mengenal warna
b. Mampu mengenal bentuk
benda (gambar).
c. Mampu mewarnai gambar
B. Kegiatan Bermain
No.
|
Tahap
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Media
|
1.
|
Pembukaan
|
5 menit
|
·
Memberi
salam
·
Menjelaskan
proses bermain
|
-
|
2.
|
Pelaksanaan
|
20 menit
|
·
Menanyakan
apakah anak pernah mewarnai gambar dan suka melakukannya
·
Menjelaskan
aturan bermain.
·
Membagikan
kertas bergambar, pensil warna
·
Membimbing
anak mewarnai gambar
|
kertas bergambar, pensil warna
|
3.
|
Penutup
|
5 menit
|
·
Evaluasi
·
Memberi
reinforcement positif
·
Memberi
salam penutup
|
-
|
C.
Metode
Demonstrasi
D. Evaluasi
1.
Standar persiapan
a.
Alat: kertas bergambar dan pensil warna
b. Pengaturan
tempat: di atas tempat tidur agar tidak membuat anak lelah dan mengganggu
program pengobatan
2. Standar
hasil: evaluasi pada
akhir kegiatan:
a. Anak mampu menyebutkan
bentuk benda (gambar).
b. Anak mampu menyebutkan
warna benda (gambar).
c. Anak mampu mewarnai benda
(gambar)
E. Pustaka
1.
Soetjiningsih. (1998). Tumbuh Kembang Anak.
Jakarta : EGC.
2.
Staf Pengajar IKA FKUI. (1995). Buku Kuliah Ilmu
Kesehatan Anak. Vol. 3. Jakarta : FKUI.
3.
Suherman. (200). Buku Saku Perkembangan Anak.
Jakarta : EGC
F.
Lampiran
1. Materi
Lampiran Materi
BERMAIN
DAN ALAT PERMAINAN
Bagi anak bermain
merupakan seluruh aktivitas anak termasuk bekerja, kesenangannya dan merupakan
metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak sekedar mengisi waktu,
tetapi merupakan kebutuhan anak seperti halnya makanan, perawatan, cinta kasih,
dll. Bermain adalah unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik,
emosi, mental, intelektual, kreativitas dan sosial.
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam bermain :
- Ekstra
energi
Untuk bermain
diperlukan ekstra energi
- Waktu
Anak harus
mempunyai ukup waktu untuk bermain
- Alat
permainan
Untuk bermain
diperlukan alat permainan yang sesui dengan umur dan taraf perkembangannya
- Ruangan
untuk bermain
Ruangan tidak
usah terlalu lebar dan tidak perlu ruangan khusu untuk bermain. Anak bisa
bermain di ruang tamu, halaman bahkan di ruang tidurnya
- Pengetahuan
cara bermain
- Teman
bermain
Keuntungan
bermain :
1. Membuang ekstra energi
2. mengoptimalkan seluruh
perkembangan tubuh, seperti tulang, otot dan organ-organ
3. Aktivitas yang dilakukan
dapat meningkatkan nafsu makan anak
4. Anak belajar mengontrol
diri
5. Berkembangnya berbagai
ketrampilan yang akan berguna sepanjang hidupnya
6. Meningkatkan daya
kreativitas
7. Mendapatkan kesempatan
menemukan arti dari benda-benda yang ada di sekitar anak
8. Merupakan cara untuk
mengatasi kemarahan, kekuatiran, iri hati dan kedukaan
9. Kesempatan untuk belajar
bergaul dengan anak lainnya
10. Kesempatan untuk menjadi
pihak yang kalah ataupun yang menang di dalam bermain
11. Kesempatan untuk belajar
mengikuti aturan-aturan
12. Dapat mengembangakan
kemampuan aktualnya.
Alat permainan :
Anak usia 32-72 bulan :
Tujuan :
- Mengembangkan
kemampuan menyamakan dan membedakan
- Mengembangkan
kemampuan berbahasa
- Mengembangkan
pengertian tentang berhitung, menambah, mengurangi
- Merangsang
daya imajinasi dengan berbagai cara bermain pura-pura
- Membedakan
benda dengan perabaan
- Menumbuhkan
sportivitas
- Mengembangkan
kepercayaan diri
- Mengembangkan
kreativitas
- Mengembangkan
koordinasi motorik
- Mengembangkan
kemampuan mengontrol emosi, motorik halus dan kasar
- Mengembangkan
sosialisasi atau bergaul dengan
anak dan orang diluar rumahnya
- Memperkenalkan
pengertian yang bersifat ilmu pengetahuan misalnya pengertian mengenai
terapung dan tenggelam
- Memperkenalkan
suasana kompetisi dan gotong royong
Alat permainan yang
dianjurkan :
1. Berbagai benda dari
sekitar rumah, buku bergambar, majalah anak-anak, alat gambar dan tulis, kertas
untuk belajar melipat, gunting, air, dll.
2. Teman-teman bermain :
anak sebaya, orang tua, orang lain di luar rumah.
- Pokok Bahasan:
Stimulasi tumbuh kembang anak.
- Sub Pokok Bahasan:
Bermain dan
alat permainan
- Sasaran:
Anak usia 3-5
tahun.
- Tempat:
Ruang Non
Infeksi CI lantai 2
- Waktu :
Tanggal 20
Desember 2003 jam 08.30
- Kegiatan:
Mewarnai
gambar hewan, mobil
- Peserta:
4 anak :
o
An.
I usia 5 tahun
o
An.
D usia 3,5 tahun
o
An.
R usia 5 tahun
o
An.
G usia 4,5 tahun
- Jalannya Kegiatan :
a. Mengatur tempat bermain
b. Mempersiapkan alat dan bahan
c. Mempersiapkan anak
d. Memberi salam
e. Menjelaskan proses
bermain
f.
Menanyakan
apakah anak pernah mewarnai gambar dan suka melakukan saat di rumah
g. Menjelaskan aturan
bermain
h. Membagikan kertas
bergambar dan pensil warna
i.
Menanyakan
nama gambar yang akan diwarnai
j.
Membimbing
anak mewarnai gambar dan memberi reinforcement.
- Evaluasi
b. Semua anak mampu
menyebutkan bentuk gambar yang diwarnai
c. Semua anak mampu
menyebutkan warna yang digunakan untuk mewarnai
d. 4 anak mampu mewarnai
benda (gambar) dengan dibimbing oleh orang tua dan perawat.
0 Response to "SAP Bermina dan alat permainan"
Post a Comment